MARI BAGIKAN.....!!!! TAHUKAH ANDA APA ITU DUKHAN DAN KENAPA SANGAT DITAKUTI DAJJAL...???

MARI BAGIKAN.....!!!! TAHUKAH ANDA APA ITU DUKHAN DAN KENAPA SANGAT DITAKUTI DAJJAL...???

Satu diantara pertanda datangnya hari kiamat yaitu ada dukhan. Makna dukhan sendiri menurut bhs yaitu asap atau kabut. Firman Allah yang menyebutkan kalau ada asap jadi sinyal kiamat ada dalam Al Quran surat Ad Dukhan ayat 10-12.

“Maka tunggu hari saat langit membawa kabut yang riil yang mencakup manusia. Berikut adzab yang pedih (mereka berdoa) : “Ya Tuhan kami, lenyapkanlah dari kami adzab itu. Sebenarnya kami bakal beriman. ”

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam juga sudah bersabda dalam hadist yang datang dari Abu Hurairah.
“Bersegeralah untuk lakukan amal soleh sebelumnya datang 6 hal : Matahari terbit dari barat, timbulnya Dajjal, keluarnya Dabbah (binatang melata), kematian kalian atau perkara genting yang meluas di orang-orang. ” (HR Bukhari Muslim)
Ketidaksamaan Pendapat Mengenai Pengertian Dukhan

Pendapat yang pertama menyebutkan kalau dukhan yaitu satu keadaan kelaparan yang menerpa golongan Quraisy karena keadaan kekeringan yang berkelanjutan. Keadaan ini bahkan juga bikin debu yang kering berterbangan berbarengan angin hingga disebutlah sebagai dukhan.

Ulama yang mensupport bakal info dari Ibnu Qutaibah itu yaitu teman dekat Ibnu Mas’ud serta dikuti oleh sebagian ulama salaf yang lain.

Ibnu Mas’ud pernah di tanyai oleh muridnya yaitu Masruq lantaran mendengar seorang di Kindah yang menyebutkan kalau dukhan akan tiba pada hari kiamat serta menyambar telinga dan pandangan golongan munafik. Sesaat untuk golongan mukmin, dukhan cuma bakal berefek seperti terserang pilek.

Ibnu Mass’ud lalu berkata, “Siapa yang mempunyai pengetahuan, bicaralah. Serta siapa yg tidak memilikinya, jadi katakan Wallahu A’lam. ”Kemudian Ibnu Mas’ud bercerita arti sesungguhnya dari dukhan.
“Ketika orang kafir quraisy tidak ingin masuk Islam, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mendoakan keburukan buat mereka. Beliau berdoa, “Ya Allah, timpakanlah kekeringan pada mereka seperti kekeringan di jaman Yusuf. ” Lantas mereka alami kekeringan, hingga banyak yang wafat, lantas mereka makan bangkai, tulang. Sesaat orang lihat diantara langit serta bumi (hawa) seperti asap. ” (HR Ahmad serta Bukhari)


Teman dekat Ibnu Mas’ud sempat juga menyampaikan, “Ada 5 sinyal kiamat yang telah berlangsung : momen al Lizam (hukuman untuk golongan kafir), momen perang romawi, al bathsyah (kekalahan orang kafir pada perang badar), terbelahnya bln. serta dukhan. ” (HR Bukhari)

Pendapat ke-2 menyebutkan kalau dukhan bakal nampak di hari kiamat serta dapat diliat oleh kebanyakan orang. Beberapa pendukung pendapat ini yaitu Ali bin Abi Thalib, Ibnu Umar, Ibnu Abbas serta ulama lain yang diperkuat oleh tafsir Ibnu Katsir.

Ibnu Katsir dalam tafsirnya mencantumkan pengucapan Ali bin Abi Thalib yang berbunyi, “Dukhan belum berlangsung, orang mukmin bakal jadi seperti orang pilek. Lantas asap itu menghembus orang kafir hingga binasa. ”

Diluar itu, Ibnu Umar juga menyampaikan, “Akan keluar dukhan, lantas orang mukmin terserang imbasnya sampai seperti orang pilek. Lantas asap ini masuk ke telinga orang kafir serta munafik hingga kepala mereka seperti kepala hewan panggang. ”
Pendapat yang ketiga adalah paduan dari pendapat pertama serta ke-2 di mana dukhan sudah berlangsung terlebih dulu serta bakal berlangsung juga diakhir jaman. Berikut pendapat yang diambil oleh Imam Nawawi yang dimuat oleh Imam Al Qurthubi.

“Mujahid menyampaikan kalau Ibnu Mas’ud memiliki pendapat ada dua dukhan. Satu diantara sudah berlangsung. Sesaat yang satunya bakal penuhi langit serta bumi. Tiap-tiap mukmin alami pilek. Sesaat orang kafir, telinganya dilubangi. ” (At Tadzkirah)

Lalu Kenapa Dukhan Demikian Ditakuti Dajjal?

Dajjal tidaklah makhluk yg tidak mempunyai kekurangan serta salah nya ialah dukhan. Ini lantaran dukhan bikin dajjal jadi cacat serta beberapa pasukannya jadi hancur lebur. Keadaan Dajjal jadi buta samping serta ada tulisan kafir di dahi lantaran dampak dukhan itu.

Sama dengan dajjal, orang kafir serta Yahudi yang ada di Khurasan akan alami bengkak dari kepala sampai ke kaki akibat dukhan. Serta mereka nanti bakal jadi pengikut dari dajjal seperti yang dijelaskan oleh Rasulullah, “Dajjal bakal keluar di bumi sisi timur yang dimaksud Khurasan. Ia ditakuti oleh sebagian golongan yang muka mereka seperti perisai yang dipukuli. ”

Maksud ‘seperti perisai yang dipukuli’ dari info Rasulullah itu yaitu muka mereka yang bengkak lantaran dampak dukhan hingga seperti benjol atau habis dipukuli.

0 Response to "MARI BAGIKAN.....!!!! TAHUKAH ANDA APA ITU DUKHAN DAN KENAPA SANGAT DITAKUTI DAJJAL...???"

Posting Komentar